• BEA CUKAI GANDENG PPATK PERKUAT SISTEM PENGAWASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG

    Jakarta (21/08/2017) – Sinergi antara Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan telah berlangsung sejak tahun 2003. Kerja sama PPATK dengan Bea Cukai dalam melakukan pengawasan lalu lintas uang dilakukan mengingat Bea Cukai memiliki peran yang strategis dibandingkan dengan Kementerian dan Lembaga lainnya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Bea Cukai memiliki peran penting di antaranya sebagai pihak pengawas pembawaan uang tunai lintas batas negara dan mendeteksi pencucian uang berbasis perdagangan internasional (trade based money laundering).

    Read More
  • BEA CUKAI, POLRI, DAN BNN MUSNAHKAN 1,2 JUTA BUTIR EKSTASI DAN 1,4 TON SABU HASIL PENINDAKAN

    Jakarta – Bea Cukai turut menghadiri acara pemusnahan barang hasil tangkapan bersama Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) pada hari Selasa (15/08) di lokasi pemusnahan Angkasapura Bandara Soekarno Hatta. Dalam kesempatan tersebut sebanyak 1,4 ton sabu, 1,2 juta butir ekstasi dimusnahkan.

    Read More
  • BERANTAS ROKOK ILEGAL, BEA CUKAI SAMARINDA JALIN SINERGI DENGAN PEMERINTAHAN KOTA SAMARINDA

    SAMARINDA – Dalam rangka mengoptimalkan pengawasan arus masuk barang ke Samarinda, terutama memberantas peredaran rokok ilegal dan narkoba, Bea Cukai Samarinda menjalin sinergi dengan pemerintah kota (pemkot) Samarinda.

    Read More
  • DALAM TIGA BULAN BEA CUKAI KEDIRI AMANKAN SEORANG PENGOPLOS DAN RATUSAN BOTOL MINUMAN KERAS ILEGAL

    Kediri – Sepanjang Periode April hingga Juli 2017, Bea Cukai Kediri telah berhasil melakukan penindakan terhadap pelanggaran di bidang cukai. Dari kedua penindakan yang berhasil dilakukan oleh Bea Cukai Kediri, ratusan botol minuman keras ilegal berhasil diamankan oleh petugas.

    Read More
  • RENCANA EDARKAN SABU DI MEDAN, PENUMPANG ASAL MALAYSIA DIBEKUK PETUGAS BEA CUKAI

    Deli Serdang – Seorang warga negara Malaysia dibekuk petugas Bea Cukai saat mendarat di Kuala Namu pada hari Kamis (03/08). Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas Bea Cukai Kuala Namu, pelaku berinisial TS (45) kedapatan membawa narkotika jenis sabu seberat 258 gram. Modus yang digunakan pelaku adalah dengan menyembunyikan paket sabu di kantong celana, sepatu, dan bagian tubuh pelaku.

    Read More
  • JAWAB KELUHAN PENGUSAHA, BEA CUKAI HARAPKAN PENYEDERHANAAN IZIN DAPAT SEGERA DILAKUKAN KEMENTERIAN/LEMBAGA TERKAIT

    Jakarta – Program penertiban impor berisiko tinggi yang telah diinisiasi oleh Bea Cukai dengan menggandeng Kementerian dan Lembaga terkait, serta instansi penegak hukum mendapat sambutan positif. Namun demikian, masih terdapat beberapa tantangan yang harus diatasi. Tantangan tersebut disampaikan dalam kesempatan saat diadakan pertemuan antara Bea Cukai dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) pada hari Rabu (09/08).

    Read More
  • Apel Pagi Dalam Rangka Menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-72

    Jakarta (15/08) – Bertempat di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), dalam rangka bulan kemerdekaan Republik Indonesia diadakan Apel Pagi yang diikuti oleh seluruh Pejabat dan Pegawai DJBC di lingkungan Kantor Pusat. Sebagai pembina apel, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dalam amanatnya menyampaikan bahwa Deklarasi Bersama Kemenkeu beserta Aparat Penegak Hukum dalam program Penertiban Impor Berisiko Tinggi yang dilakukan pada tanggal 12 Juli 2017 yang lalu, merupakan sebuah momentum besar untuk melakukan perubahan. Hadirnya semua pimpinan lembaga penegak hukum di Indonesia hendaknya menjadi pendorong semangat seluruh jajaran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dalam menegakkan aturan dan memberantas segala pelanggaran di lapangan.

    Read More
  • PERCEPAT PEMBAYARAN BEA MASUK DAN PAJAK IMPOR, BEA CUKAI TEMPATKAN MINI ATM BANK MANDIRI DI PERBATASAN ENTIKONG

    Entikong – Bea Cukai telah bekerja sama dengan PT. Bank Mandiri Tbk dalam penyediaan mini automatic teller machine (ATM) guna memudahkan pembayaran pajak, dan bea masuk. Pada tahap awal, sebanyak 54 mini ATM dan mesin electronic data capture (EDC) telah disebar ke berbagai kantor pengawasan, pelabuhan, dan bandara. Tak hanya itu, Bea Cukai juga menempatkan mesin pembayaran tersebut di kantor-kantor perbatasan, salah satunya Entikong. Pada hari Kamis (10/08), Bea Cukai Entikong mulai meresmikan mini ATM sebagai salah satu metode pembayaran Bea Masuk dan pajak dalam rangka impor.

    Read More
  • BEA CUKAI TEMBILAHAN GAGALKAN PENYELUNDUPAN RIBUAN PRODUK PERIKANAN ILEGAL

    Tembilahan – Bea Cukai Tembilahan berhasil menegah sebuah kapal yang diduga mengangkut produk perikanan ilegal. Pada hari Sabtu (05/08) Kapal KM. Sinar Abadi 5 yang berasal dari Batam ditangkap oleh Bea Cukai Tembilahan bekerja sama dengan Bea Cukai Riau dan Sumatera Barat, serta Bea Cukai Batam.

    Read More
  • LAKUKAN PENINDAKAN TERHADAP RIBUAN BOTOL MIRAS ILEGAL, KEPOLISIAN SERAHKAN BARANG BUKTI KE BEA CUKAI UNTUK DITELITI

    Jakarta (12/08/2017) – Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea Cukai bersama kementerian dan lembaga terkait, serta para aparat penegak hukum telah meluncurkan program penertiban impor berisiko tinggi. Program tersebut bertujuan untuk menciptakan praktik bisnis yang adil dan menciptakan persaingan usaha yang sehat. Program tersebut tidak terbatas hanya itu, melalui program ini pemerintah juga bertujuan untuk memperketat pengawasan terhadap upaya penyelundupan barang larangan dan dibatasi.

    Read More