• UNGKAP PEREDARAN NARKOTIKA JARINGAN INTERNASIONAL, BEA CUKAI, BNN, DAN KEPOLISIAN AMANKAN 44 KILOGRAM SABU

    Jakarta (17/07/2017)– Petugas gabungan Bea Cukai, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kepolisian Republik Indonesia berhasil gagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis metamphetamine (sabu) dengan berat brutto 44 kilogram. Sabu yang berasal dari Malaysia tersebut berhasil diamankan oleh petugas gabungan di daerah Pantai Cermin, Sumatera Utara, pada Sabtu (15/07).

    Read More
  • Regular Tax Discussion DJBC dan DJP tentang Kebijakan Fasilitas DJBC dan Pengamanan Penerimaan Negara

    Arah Kebijakan Fasilitas Kepabeanan, Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai menjadi tema Diskusi Perpajakan yang diselenggarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) kali ini. Memilih lokasi di Graha Akuntan IAI, acara yang berlangsung pada 20 Juli 2017 ini dihadiri oleh Sekretaris DJBC, Kushari Suprianto, dan beberapa pejabat dari Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai, serta Pejabat dari Direktorat Jenderal Pajak. Diskusi ini sebelumnya dibuka oleh Ketua Dewan Konsultatif IAI KAPJ, Pontas Pane.

    Read More
  • INI KRONOLOGI PENANGKAPAN KAPAL WANDERLUST PEMBAWA SATU TON SABU OLEH BEA CUKAI, POLRI, DAN TNI

    Jakarta, 20 Juli 2017 – Wilayah perairan Indonesia yang sangat luas menjadi tantangan tersendiri bagi para aparat penegak hukum dalam mengawasi dan memberantas upaya penyelundupan barang larangan dan dibatasi. Tidak hanya dituntut untuk selalu sigap dan waspada, para aparat penegak hukum juga harus mengedepankan upaya sinergi untuk meningkatkan efektivitas pengawasan. Kali ini, sinergi positif antara Kementerian Keuangan Republik Indonesia c.q. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Kepolisian Republik Indonesia (POL RI), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil melakukan penindakan terhadap kapal “Wanderlust” pada hari Sabtu (15/07). Kapal tersebut merupakan kapal pengangkut satu ton narkotika jenis methampethamine (sabu) yang kasusnya telah berhasil diungkap sebelumnya pada hari Kamis (13/07) di daerah Serang, Banten.

    Read More
  • HANYA DALAM TIGA HARI, BEA CUKAI SITA 50 KILOGRAM SABU DARI 5 KASUS PENYELUNDUPAN

    Jakarta (18/07/2017) – Dalam upaya mengamankan seluruh pintu masuk Indonesia dari gempuran narkotika, Bea Cukai bekerja sama dengan BNN melaksanakan penindakan atas lima upaya penyelundupan narkotika jenis metamphetamine (sabu) dan menyita barang bukti 50 kilogram sabu. Lima kasus tersebut berhasil ditangani hanya dalam waktu tiga hari, yaitumulai dariJumat (14/07) sampai Minggu (16/07).

    Read More
  • GUNAKAN KAPAL TAK BERLAMPU, AKTIVITAS PENYELUNDUP PAKAIAN BEKAS DIHENTIKAN BEA CUKAI TELUK NIBUNG

    TANJUNGBALAI – Para penyelundup pakaian bekas kian lihai. Berbagai cara ditempuh, termasuk dengan memasukkan barang ilegal yang dikenal dengan istilah ballpress ini, melewati perairan Indonesia menggunakan kapal-kapal kecil. Hal ini menuntut patrol laut Bea Cukai kian meningkatkan pengawasan.

    Read More
  • TEMUKAN DUA PELANGGARAN, PETUGAS BEA CUKAI GELEDAH SEBUAH KAPAL DI TELUK NIBUNG

    Tanjungbalai – Sebuah kapal yang sedang bersandar di gudang M88, Teluk Nibung, digeledah petugas Bea Cukai Teluk Nibung pada hari Kamis (13/07) karena kedapatan memalsukan dokumen manifes. Tak hanya itu, petugas yang melakukan pemeriksaan mendapati 68.120 batang rokok tanpa pita cuka

    Read More
  • PAKET EYELINER DAN TEKO ASAL AFRIKA DISITA BEA CUKAI, INI TERNYATA ALASANNYA

    Yogyakarta – Sebuah paket asal Nigeria ditegah petugas Bea Cukai Yogyakarta pada Kamis (13/07). Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan, paket yang dikirimkan ke daerah Desa Ngasem, Magelang, berisi narkotika jenis shabu seberat 49.05 gram. Shabu tersebut ditemukan setelah petugas Bea Cukai yang bertugas di Kantor Pos Plemburan, Yogyakarta mencurigai dan memindai paket tersebut dengan mesin x-ray.

    Read More
  • INI DUA AKSI PENINDAKAN ROKOK ILEGAL OLEH BEA CUKAI MALANG DI AWAL BULAN JULI

    MALANG – Demi melindungi masyarakat dan mengamankan penerimaan negara di bidang cukai, Bea Cukai Malang kian tingkatkan kewaspadaan dalam mengawasi peredaran cukai ilegal di wilayah Malang Raya. Berbekal informasi dari masyarakat akan adanya kegiatan pengemasan barang kena cukai (BKC) ilegal berupa rokok yang tidak dilekati pita cukai, Bea Cukai Malang, pada Kamis (06/07) melakukan patroli di Desa Sukosari, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Di tempat ini, petugas mendapati empat bangunan yang diduga digunakan sebagai tempat pengemasan rokok ilegal. Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh, petugas berhasil mengamankan12.500 bungkus rokok ilegal jenis sigaret kretek mesin bermerek Leo.

    Read More
  • INI KATA PENGAMAT TERKAIT UPAYA PENERTIBAN IMPOR BERISIKO TINGGI OLEH BEA CUKAI

    Jakarta (13/07) – Upaya menciptakan iklim usaha yang sehat terus dikedepankan oleh pemerintah. Perbaikan di berbagai sektor diupayakan, salah satunya adalah dengan melakukan penertiban terhadap praktik impor berisiko tinggi. Bea Cukai, melalui program Penguatan Reformasi Kepabeanan dan Cukai, juga terus mendukung upaya penertiban impor berisiko tinggi. Menanggapi program tersebut, pengamat perpajakan, Yustinus Prastowo mengungkapkan beberapa pendapatnya.

    Read More
  • Sinergi Kementerian Keuangan dengan Kepolisian RI, KPK, TNI, Kejaksaan Agung, dan PPATK Tertibkan Impor Berisiko Tinggi

    Jakarta (12/07/2017) – Pemerintah kian serius menciptakan praktik bisnis yang bersih, adil, dan transparan. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong iklim investasi dan daya saing Indonesia guna peningkatan perekonomian Indonesia di masa mendatang. Salah satu upaya yang kali ini dikedepankan pemerintah untuk menyukseskan hal tersebut adalah melalui penertiban impor berisiko tinggi. Untuk itu, Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) bersinergi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kantor Staf Kepresidenan Indonesia (KSP), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kepolisian Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kejaksaan Agung, serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menggelar rapat koordinasi program penertiban impor berisiko tinggi.

    Read More