Bawa Minuman Beralkohol Ilegal, Mobil ini Ditindak Bea Cukai Teluk Nibung

TANJUNGBALAI (25/12/2017) – Satgas penindakan Bea Cukai Teluk Nibung kembali melaksanakan penindakan di bidang cukai terhadap mobil penumpang yang mengangkut barang bawaan penumpang kapal feri dari Panipahan. Mobil tersebut diduga mengangkut barang kena cukai jenis minuman beralkohol.

“Penindakan ini bermula dari pengamatan kami terhadap mobil sewa penumpang kapal feri Panipahan yang kemudian melintas di Jalan Besar Lintas Provinsi Kota Tanjungbalai. Setelah dilakukan pengamatan, petugas langsung melakukan pengejaran terhadap mobil yang diduga mengangkut barang ilegal tersebut. Akhirnya, mobil dapat dihentikan di sekitar Jalan Perintis, Simpang Empat, Kabupaten Asahan, petugas pun melakukan pemeriksaan terhadap supir, mobil, dan barang muatan mobil tersebut,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung Muhammad Syahirul Alim.

Dari pemeriksaan tersebut ditemukan 6 kotak yang masing-masing berisikan 12 botol barang kena cukai (BKC) jenis minuman beralkohol dengan rincian 34 botol arak Te Zhi Sanpien Jiu dengan kadar alkohol 35% isi 750mL, 2 botol Cognac Martell V.S.O.P Medaillon dengan kadar alkohol 40% isi 70cL, dan 36 botol Cognac Martell Gordon Bleu dengan kadar alkohol 40% isi 1L yang bertotalkan 72 botol minuman beralkohol ilegal dan tanpa dilengkapi dokumen pengangkutan. Sebagai tindak lanjut kasus ini, petugas membawa supir, mobil, dan barang bukti ke Kantor Bea Cukai Teluk Nibung untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Kegiatan penindakan cukai ini merupakan misi Bea Cukai sebagai community protector atau pelindung masyarakat dari barang-barang ilegal dan barang-barang berbahaya. Minuman beralkohol juga merupakan barang kena cukai yang peredarannya perlu diawasi dan dikendalikan, sesuai dengan UU no 39 Tahun 2007, karena mempunyai dampak yang berbahaya apabila peredarannya tidak diawasi. Bea Cukai Teluk Nibung terus berupaya untuk melakukan pengawasan di bidang kepabeanan maupun cukai untuk bea cukai dan Indonesia yang makin baik,” pungkas Syahirul.

 

Image may contain: drink and indoor
 
 
Image may contain: 1 person, standing, sky, tree and outdoor
 
No automatic alt text available.
 
 
 
No automatic alt text available.