Bea Cukai Bekasi Memusnahkan Seribu Botol Minuman Alkohol dan Sejuta Batang Rokok

Bekasi, 16 Februari 2017, bertempat di Kantor Bea Cukai Bekasi, diadakan pemusnahan barang hasil penindakan beberapa waktu lalu. Kegiatan pemusnahan ini merupakan bentuk sinergi dari para penegak hukum di wilayah Bekasi antara Bea Cukai, Kejaksaan, dan Kepolisian.

 



Kepala Kantor Bea Cukai Bekasi , Iskandar Tarigan menjelaskan bahwa barang penindakan tersebut merupakan pelimpahan atas penindakan Kanwil Bea Cukai Jakarta berupa minuman yang diproduksi tanpa ijin. Dan karena lokasinya berada di Kabupaten Bekasi maka dilakukan penyidikan oleh Bea Cukai Bekasi.

“Di samping itu juga turut dimusnahkan hasil penindakan operasi sehari-hari seperti barang kena cukai berupa hasil tembakau, juga beberapa minuman yang dijual di tempat tanpa ijin” ujar Iskandar.
Disaksikan juga oleh Kabid P2 Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, barang-barang yang dimusnahkan terdiri dari minuman mengandung etil alkohol 1.911 botol atau 2.184 liter, hasil tembakau sebanyak 1.557.020 batang dan cairan kimia dengan jumlah 11 karton.

 

 


Kasus ini melanggar pasal 54 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 Tentang Cukai.  Juga disampaikan oleh Kajari Bekasi, Risman Tarihoran, bahwa pemusnahan ini berdasarkan Putusan Pengadilan Negeri Bekasi Nomor 1625 pada tanggal 14 Januari 2017 dengan putusan Dirampas untuk Negara dan Dimusnahkan.

 Iskandar, berharap ke depannya sinergi yang dilakukan ini akan lebih kuat dan lebih bisa memberikan pengayoman kepada pengusaha yang memiliki ijin legal dengan memberantas barang-barang kena cukai yang ilegal