BEA CUKAI KEMBALI SOSIALISASIKAN MANFAAT PROGRAM AEO

Jakarta – Bea Cukai berikan sosialisasi terkait program sertifikasi Authorized Economic Operator (AEO) di beberapa kota. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa, serta memberikan pemahaman terkait fasilitas-fasilitas yang telah dikeluarkan oleh Bea Cukai.  Sosialisasi terkait AEO ini diadakan oleh Bea Cukai Sidoarjo, dan Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan pada hari Rabu (07/03).

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I, Muhammad Purwantoro, menyatakan bahwa Bea Cukai telah banyak mengeluarkan fasilitas sebagai bentuk kemudahan kepada para pengguna jasa, “AEO adalah operator ekonomi yang mendapatkan pengakuan oleh Bea Cukai sehingga mendapatkan perlakuan kepabeanan tertentu, seperti misalnya tidak dilakukan pemeriksaan fisik dan fasilitas pembayaran berkala,” ujar Purwantoro.

Tidak hanya di Sidoarjo, Bea Cukai juga lakukan sosialisasi secara internal terkait AEO di Makassar. “Tidak hanya kepada para pengguna jasa, kami juga melakukan penyegaran pengetahuan terhadap para pejabat dan pegawai. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman para pegawai sehingga akan dapat meningkatkan pelayanan,” ungkap Untung Basuki, Kepala Kantor Bea Cukai Wilayah Sulawesi Bagian Selatan.

Kepala Subdirektorat Program Prioritas dan AEO, Mufti Arkan mengungkapkan bahwa ia mengharapkan semakin banyak pengguna jasa yang tergabung dalam AEO. “Hal ini akan menjadi keistimewaan tersendiri, karena perusahaan AEO akan diakui di seluruh dunia sebagai perusahaan yang safe dan secure serta sebagai mitra bisnis yang patuh dan taat dalam perdagangan internasional,” pungkas Mufti.