Bea Cukai Tanjung Pandan Musnahkan Ratusan Ribu Barang Ilegal

Tanjung Pandan (28/12/2017) - Bea Cukai Tanjung Pandan musnahkan barang hasil penindakan di bidang kepabeanan dan cukai periode tahun 2016 dan 2017. Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai Tanjung Pandan memusnahkan 132.800 batang rokok ilegal, 56 botol minuman keras ilegal, dan beberapa barang lain di antaranya sex toys, produk makanan olahan, obat-obatan/suplemen, kosmetik, dan sepeda yang keseluruhannya tidak memiliki izin impor.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Pandan, Sumarna, mengungkapkan bahwa pemusnahan yang dilakukan Bea Cukai Tanjung Pandan merupakan komitmen untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang-barang ilegal. "Ini merupakan salah satu bentuk nyata peran Bea Cukai dalam melindungi masyarakat, kami juga mengharapkan agar instansi-instansi penegak hukum lain dapat turut bekerja sama memerangi peredaran produk-produk ilegal," ungkap Sumarna.

Dalam acara pemusnahan tersebut turut hadir para pejabat dari beberapa instansi di wilayah Kabupaten Belitung, diantaranya adalah Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Tanjung Pandan, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Kepala Pelindo Tanjung Pandan, Kepala KPPN Tanjung Pandan, serta Perwakilan dari Karantina Pertanian Tanjung Pandan, Perwakilan dari Bandar Udara H. AS. Hanandjoeddin, dan Perwakilan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Pandan.