Kanwil Bea Cukai Aceh Sosialisasikan NADINE

Banda Aceh (01/03/2018) – Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Aceh adakan Training of Trainers (ToT) Sosialisasi Aplikasi Naskah Dinas Elektronik (NADINE). Bertempat di Ruang Rapat Lantai I Kanwil Bea Cukai Aceh yang berlangsung selama 2 (dua) hari pada tanggal 28 Februari s.d 01 Maret 2018 ini diikuti oleh  Pejabat dan Pelaksana Bagian Umum pada Satker di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Aceh  yakni Bea Cukai Banda Aceh, Bea Cukai Sabang, Bea Cukai Meulaboh, Bea Cukai Lhokseumawe, dan Bea Cukai Kuala Langsa.

Pemateri utama ToT ini adalah Kepala Subbagian Persuratan dan Kearsipan Sekretariat Bea Cukai, Abdurokhim yang didampingi oleh para pelaksananya. “Selain mengurangi pemakaian kertas, diharapkan penggunaan aplikasi NADINE ini akan mempercepat proses surat masuk, disposisi, konsep surat, dan surat keluar serta memudahkan pengarsipan untuk mewujudkan bea cukai makin baik”, demikian ujar Abdurokhim.

Materi yang disampaikan pada ToT ini kali ini membahas perihal Pengelolaan Arsip di Lingkungan Bea Cukai, Implementasi Aplikasi Nadine di Bea Cukai berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah; Peraturan Menteri Keuangan Nomor 128/PMK.01/2015 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Elektronik Kementerian Keuangan; Keputusan Menteri Keuangan Nomor 1254/KMK.01/2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Kementerian Keuangan serta simulasi penggunaan aplikasi NADINE.

Pada kesempatan kali ini Kepala Bagian Umum Kanwil Bea Cukai Aceh, Setyadi Cahyadi, mengatakan bahwa "Aplikasi NADINE yang dikembangkan oleh Pusat Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan  ini telah diimplementasikan sejak Oktober 2016 di unit eselon II Kantor Pusat Bea Cukai. Selanjutnya sepanjang tahun 2017 aplikasi NADINE telah diimplementasikan oleh Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Kanwil Bea Cukai Jawa Timur II, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, Kanwil Bea Cukai Banten, serta Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY. Sedangkan implementasi di Lingkungan Kanwil Bea Cukai Aceh secara bertahap akan dimulai pada Senin (12/03/2018)", demikina ujar Setyadi di akhir sambutannya.