PLBN DIRESMIKAN, BEA CUKAI NANGA BADAU SIAP DORONG EKSPOR DAN TINGKATKAN PENGAWASAN

Nanga Badau - Dalam rangkaian acara peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) terpadu Nanga Badau, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Puan Maharani yang ikut bersama rombongan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, turut melakukan peninjauan PLBN terpadu Nanga Badau.

Puan yang didampingi oleh Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi berkesempatan melepas 11 truk pengangkut CPO yang akan diekspor ke Serawak, Malaysia.

"11 truk ini berkapasitas 407 metrik ton, dengan nilai ekspor Rp 97 juta," ungkap Heru. Patut diketahui bahwa dalam periode 2016 hingga Maret 2017 Bea Cukai Nanga Badau telah melayani ekspor CPO lebih dari 67.000 metrik ton.

Dengan modernisasi yang diterapkan di PLBN Nanga Badau tentunya akan dapat mempercepat pelayanan dan meningkatkan pengawasan. Seperti yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo agar pengawasan di wilayah perbatasan, khususnya terhadap barang selundupan ditingkatkan.

Bea Cukai secara penuh mendukung upaya pengawasan di wilayah perbatasan, salah satunya dengan menerapkan otomasi sistem untuk para pelintas batas. "Tak hanya itu, Bea Cukai juga melakukan koordinasi dengan instansi lain yang turut beperan dalam pengawasan perbatasan," pungkas Heru.