Inhouse Training lokakarya Audit Common Language Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai

Kamis, 14 September 2017 Bertempat di aula Lokatoba gedung Sumatera Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Direktorat Audit Kepabeanan dan Cukai mengadakan acara Inhouse Training lokakarya Audit Common Language (ACL).  Acara yang diikuti oleh 67 perserta ini merupakan acara yg diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kopetensi pegawai Direktorat Audit.


Dalam pembukaan, Nirwala Dwi Heryanto selaku Direktur Audit Kepabeanan dan Cukai menyampaikan bahwa Audit Common Language (ACL) merupakan program yang dapat digunakan auditor dalam melakukan pengolahan data audit selain menggunakan Ms. Excel, Foxpro dan Dbase. Selama ini pengolahan data di Direkorat Audit Kepabeanan dan Cukai mayoritas menggunakan Ms. Excel. Namun, Ms. Excel memiliki kelemahan yakni data yang dapat diolah terbatas sehingga sulit untuk melakukan pengolahan data auditee yang besar. Kelemahan Ms. Excel tersebut dapat diakomodasi oleh ACL yang mampu mengolah data dalam ukuran besar.


Beliau juga menyapaikan ACL merupakan “tools” yang digunakan untuk manipulasi dan integrasi data tanpa merusak source data asli. Sehingga, kemampuan pengoperasian ACL merupakan nilai tambah bagi kompetensi auditor karena dapat mempercepat proses pengolahan data audit yang dapat meningkatkan kecepatan penyelesaian audit.


Adanya In House Training (IHT) Audit Common Language (ACL) diharapkan dapat meningkatkan kemampuan auditor dalam mengoperasikan ACL dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi kompetensi auditor. Auditor yang telah berkesempatan mengikuti In House Training (IHT) Audit Common Language (ACL) diharapkan dapat membagikan ilmunya kepada rekan-rekan auditor yang belum berkesempatan untuk mengikuti kegiatan In House Training (IHT) ini.