Realisasi APBNP 2017 Menunjukkan Peran APBN Sebagai Instrumen Pembangunan yang Kredibel, Efektif dan Efisien

Jakarta (02/01)- Bertempat di Aula Mezzanine Gedung Juanda I Kantor Pusat Kementerian Keuangan Republik Indonesia diadakan Konferensi Pers Realisasi APBNP oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Dalam kesempatan tersebut Menkeu mengungkapkan bahwa Realisasi APBNP 2017 menunjukkan kembali kepada momentum peran APBN sebagai instrumen pembangunan yang kredibel, efektif dan efisien.

Sri Mulyani menyebutkan Penerimaan perpajakan kembali mencapai angka realisasi di atas 90%, bahkan realisasi PPN/PPnBM dan kepabeanan dan cukai tumbuh sangat tinggi hingga mencapai di atas 100% dari yang ditargetkan dalam APBNP.

Realisasi PNBP dari Sumber Daya Alam juga kembali tumbuh positif sebagai dampak membaiknya harga  komoditas internasional. Kualitas Belanja Negara terus meningkat melalui perencanaan yang akurat serta penyerapan anggaran yang efektif dan efisien.

“Pemerintah terus berupaya melakukan reformasi APBN yang dilakukan bersama dengan reformasi ekonomi lainnya untuk menciptakan kesempatan kerja, mempercepat pengurangan kemiskinan dan kesenjangan dan menjaga pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif” Pungkas Menkeu.